Home » » Hal hal yang perlu diperhatikan ketika mengahadapi ujian

Hal hal yang perlu diperhatikan ketika mengahadapi ujian


Assalamu'alaikum wr wb


Apa kabar sobat ? Semoga kalian baik baik saja . Begini ni kalo blogger yang sedikit pemalas :-D , jarang posting .hehe
Tapi walaupun saya jarang posting, semoga ketika saya posting, artikel ataupun informasi yang saya tulis bisa bermanfaat bagi sobat semua . Aamiin
Kesempatan kali ini saya mau membahas mengenai tips gimana si menghadapi Ujian dan Ulangan? Disini saya akan berbagi pengalaman saya .hehe
Akan tetapi disini bukan berarti saya merasa hebat atau gimana, saya sama sekali tidak bermaksud demikian. Sungguh saya hanya ingin berbagi pengalaman.
Berbicara mengenai ujian maupun ulangan , tentu tidak lepas dengan yang namanya belajar . Tapi ternyata sukses dalam ujian maupun ulangan tidak hanya bersal dari belajar saja . Tetapi ada hal hal lain yang tidak kalah penting. Apakah itu ?
1. Kesehatan
Tentu kesehatan adalah hal utama yang harus dijaga ketika waktu ujian telah tiba. Jadi jagalah kesehatan kalian baik baik agar kalian bisa belajar dengan baik dan nantinya juga ketika mengerjakan soal soal ujian dengan pikiran yang nyaman.
Jaga kesehatan yah :-)
2. Cara belajar
Hmm. Bagaimana sih cara belajar yang baik ?
Menurut saya , belajar yang baik itu tidak perlu menghabiskan waktu ber jam jam , yang penting itu bagaimana kita bisa efektif dalam mempelajari sebuah materi.  Jadi jangan memaksakan untuk belajar dalam jangka waktu yang lama. Kalo 1 Pelajaran , setengah jam saja saya rasa sudah cukup.
Pemilihan waktu belajar juga penting. Saya sangat sarankan untuk belajar sehabis solat shubuh , waktu ini merupakan waktu dimana pikiran kita masih sangat fresh, jadi untuk mengingat materi itu mudah.
3. Buatlah rangkuman kecil
Saya sering membuat sebuah rangkuman materi , Cara ini cukup efektif , dikarenakan ketika kita menulis berarti kita sudah membaca. Jadi menulis itu bisa dikatakan lebih baik dari membaca.
Tapi rangkuman tersebut bukan digunakan untuk nyontek yah ?
Buat dihafalin pas pagi pagi :-)
4. Buatlah hati anda senang .
Mood juga sangat penting loh. Jadi buatlah hati anda sesenang mungkin, jangan jadikan ujian sebagai beban.
Untuk membuat hati senang, biasanya usia usia remaja cukup dengan melihat senyuman orang yang disukai .hehe :-)
5. Doa
Doa itu sangat penting sobat . Jika kita seorang muslim kita wajib menjaga solat 5 waktu, dengan itu minimal kita sudah berdoa sebanyak 5 kali dalam sehari. Kekuatan doa itu luar biasa loh,
Biasanya ketika saya ragu dalam memilih jawaban saya membaca surat surat yang saya hafal, sembari saya memilih jawabannya.Dan jawabanya pun sering bener :-)
Segitu dulu deh,
ntar kalo sempet saya update lagi deh.
Kalo yang mau kritik atau saran tulis dikomentar yah :-)
Wassalamu'alaikum wr wb

0 comments:

Post a Comment

Berkah Membaca

Berkah Membaca